Jumat, 16 April 2010

Resep Crepes

Bahan-bahan dasar crepes:
  1. 100 gram tepung terigu, ayak agar halus
  2. 3 butir telur yang besar, kocok
  3. 175 ml susu cair
  4. 75 ml air
  5. 2 sendok makan mentega tawar cair
  6. 1/8 sendok teh garam
  7. Mentega atau margarine atau minyak untuk olesan wajan

Isi:


Tergantung jenis crepe yang dibuat, misalnya :

Cokelat Meisjes
Pisang
Keju
Es Krim

Cara Membuat Resep Masakan Aneka Crepes Perancis:

  1. Taruh tepung dan garam dalam mangkuk, buat lubang ditengahnya seperti kawah. Masukkan telur kocok dan sedikit susu. Aduk dengan whisk atau blender. Setelah adonan rata masukkan sisa susu, air dan mentega cair. Blender lagi hingga halus. Hasilnya adalah adonan yang rada encer. Diamkan dulu adonan minimal selama 30 menit atau didiamkan semalaman. Bisa disimpan dalam wadah tertutup dalam lemari es.
  2. Panaskan wajan anti lengket diameter sekitar 20-30 cm (wajan listrik datar anti lengket yang khusus untuk crepe). Jika menggunakan wajan biasa olesi permukaannya dengan mentega atau margarine atau sedikit minyak goreng. Tunggu hingga permukaan wajan sedikit berasap tanda panasnya sudah cukup.
  3. Tuang adonan secukupnya (50-60 ml) kedalam wajan. Jika menggunakan wajan biasa, goyang wajan agar adonan merata keseluruh permukaan wajan. Jika menggunakan wajan khusus crepe gunakan alat kayu untuk memutar adonan sehingga lebar, tipis dan rata. Jika ada bagian yang berlubang tambal dengan sedikit adonan atau gulingkan bagian adonan yang belum kering kebagian yang berlubang. Untuk 16 crepe.
Selamat Mencoba


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DAFTAR RESEP