Sabtu, 08 Mei 2010

Resep Cumi Goreng Isi Mentega




Bahan :


750 gr cumi-cumi ukuran sedang
2 sdm margarin
4 siung bawang putih, memarkan
2 cm jahe, cincang halus

Isi :

2 siung bawang putih, cincang halus
2 cm jahe, cincang
50 gr bawang bombay, cincang
100 gr kepala cumi-cumi, cincang kasar
100 gr udang kupas, cincang kasar
¼ sdt merica bubuk
1 sdm kecap asin
1 sdm kecap manis
50 ml putih telur

Saus :

(campur jadi satu)
3 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
1 sdm saus tiram
1 sdm saus tomat
1 sdm angciu
1-2 sdm saus cabai (jika suka pedas)

Cara Membuat:

1. Bersihkan cumi-cumi, lepaskan kepalanya dan buat kulit arinya, buang tintanya, kemudian cuci sampai bersih, sisihkan.
2. Isi : panaskan 2 sdm minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang putih dan jahe sampai harum. Masukkan bawang bombay aduk sampai layu, angkat. Campur seluruh bahan isi dalam mangkuk/wadah dan masukkan juga bawang bombay yang sudah ditumis tadi. Aduk rata.
3. Masukkan bahan isi ke dalam kantong plastik segitiga, semprotkan ke dalam badan cumi-cumi hingga penuh. Sematkan ujungnya dengan lidi, kemudian taruh dalam wadah tahan panas. Kukus dalam dandang selama ± 15 menit hingga matang, angkat, dinginkan. Potong-potong melintang cumi isi setebal 1½ cm.
4. Panaskan kembali 1 sdm minyak goreng dalam wajan bersama margarin, masukkan bawang putih dan jahe, tumis sampe harum. Masukkan cumi-cumi isi lalu tuangi campuran saus. Aduk-aduk sebentar sampai rata dan mendidih, angkat. Pindahkan cumi-cumi isi ke dalam piring saji, siram dengan air perasan 2 buah jeruk limau. Hidangkan selagi hangat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DAFTAR RESEP