Jumat, 16 April 2010

Resep Mie Ayam

















Bahan - bahan :


1/2 kg mie ayam (siap dibeli di pasar)

100 ml Minyak ayam

100 ml Kecap asin

300 gr Daging ayam direbus dan dipotong kotak

3 sdm Kecap manis

2 sdm Kecap Ingris

2 batang Daun bawang dirajang

Caisin, penyedap dan bawang goreng secukupnya.


Bumbu yang diperlukan :

3 siung Bawang putih

5 buah Bawang merah

1 sdt Ketumbar

3 cm Kunyit

3 cm Jahe

4 butir Kemiri


Bahan untuk membuat Kaldu:

2 liter Air

1/2 kg Tulang ayam

1 sdt Garam

1/2 sdt Lada bubuk


Cara membuat :

Kaldu: air direbus hingga mendidih, masukkan tulang ayam, rebus dengan api kecil hingga kaldu beraroma harum. Tambahkan lada bubuk dan garam.

Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum dan matang, masukkan ayam, tumis hingga bumbu menyerap ke dalam ayam,tambahkan penyedap, tumis sebentar, angkat, sisihkan.

Masukkan 2 sdm minyak ayam ke dalam mangkok, 1/4 sdt penyedap.

Rebus mie dan caisin yang telah dirajang hingga matang, angkat dan letakkan di dalam mangkuk yang telah terisi dengan bumbu, masukkan ayam 2 sdm.

Taburkan bawang goreng dan daun bawang yang telah dirajang.


Note :

Kunci kelezatan mie ayam ada pada minyak ayamnya.

Cara membuat: ambil kulit ayam dan lemaknya, panaskan dengan api kecil diatas penggorengan, tambahkan 2 siung bawang putih digeprak, panaskan hingga seluruh minyak keluar dari kulit dan lemak ayam, minyak siap untuk digunakan.

7 komentar:

  1. Resep ini untuk menghasilkan berapa porsi mie ayam ?

    BalasHapus
  2. selain pakai kulit ayam untuk minyak ada ga cara yang lain untuk mengganti minyak ayam..? karena susah untuk mendapatkan lemak ayam. terimakasih.
    akbarmutakin@yahoo.com

    BalasHapus
  3. Anonim tanpa nama : wah kalo berapa porsinya saya gak hitung soalnya saya di rumah berempat dan pada waktu saya praktek bikin mie ayam, mienya langsung sy taroh di mangkok gede, dan langsung ludes krn ber4 nambah semua hehehe

    BalasHapus
  4. Dhani, mungkin pangganti minyak ayam banyak di jual di supermarket ya, tapi saran untuk kamu seprrti yg saya praktekan, waktu kita beli ayam kan sm kulitnya, nah kulitnya itu aja yg di pergunakan, tidak usah beli extra lagi. Kulitnya di poting kecil2 dan di campur denganbawang putih... itu udah cukup enak kok. Selamat mencoba ya Dan.

    BalasHapus
  5. ada resep bikin pangsitnya g ya?soalnya saya suka banget makan mi ayam plus kriuk-kriuknya...trims

    BalasHapus
  6. tepung terigu,telur,mentega,garam,masako,di tambah air panas jadi adonan terus di giling jadi lembaran pangsit.terus di goreng.jadi dech

    BalasHapus
  7. enak kayaknya

    BalasHapus

DAFTAR RESEP